Sistem informasi desa yang saat ini banyak digunakan oleh pemerintah desa, dalam rangka mempermudah pengurusan administrasi dan pelayanan kepada masyarakat sangat beragam. Mulai dari yang dikembangkan oleh komunitas, pemerintahan ataupun pihak independen. ABDI DESA mengembangkan sistem informasi desa yang dapat digunakan pemerintah desa maupun masyarakat secara langsung dengan platform Mobile Android dan Website.
WEBSITE ABDI DESA
sistem Informasi Desa Abdi Desa dikembangkan untuk memberikan kemuduhan kepada Desa dalam menciptakan tampilan website yang dinamis dan mudah diatur sesuai dengankebutuhan. Dengan tampilan yang dinamis, Desa bisa mencoba konten-konten baru untuk disajikan ke dalam website. Mulai dari Slider yang bisa berubah-ubah (lebih dari 1gambar). Profil Desa, kolom download dokumen dan informasi layanan lainnya.
WEB ADMIN
Web admin memudahkan perangkat desa dalam melayani masyarakat. Prosesnya yang mudah dan cepat serta online akan meningkatkan pelayanan bagimasyarakat serta kemudahan dalam melakukanpenayangan data.Beberapa fitur yang disajikan antara lain, Home, Keluarga, Penduduk, Peristiwa, Surat, Wilayah Administratif, Pegawai, Web, GIS (Peta Desa), dan Covid-19
MENU KELUARGA
Dengan Sistem Informasi Desa Abdi Desa, proses penginputan data Keluargajauh lebih mudah. Cukup dengan mengisi kolom-kolom yang sudah disediakan. Jika suatu hari adaperubahan dalam penginputan data, maka sistem akanterus di update dengan versi terbaru.
MENU PENDUDUK
Input data penduduk baru juga lebih mudah. Dengan Abdi Desa, mencari data penduduk akan jauh lebihmudah, cukup dengan E-KTP tapping. Sekali tempel,data ketemu, tidak perlu ketika manual NIK atau tulisnama lagi.
Menu Peristiwa ini juga mmeudahkan pemerintah desa dalam mengolompokkan data, Misalnya untuk memproses data penduduk yang baru lahir di menukelahiran, penduduk mati dimenu kematian dan penduduk pindah
MENU SURAT
Kini buat surat bisa jauh lebih mudah dan fleksible tanpa melupakan kelengkapan dan legalitasnya. Ada beberapa fitur yang kami kembangkan dan salah satufiturnya adalah Surat Mandiri yang memungkinkan masyarakat request surat dari manapun dan kapanpun. Setiap surat yang di minta otomatis akan memberikan notifikasi ke perangkat Desa. Begitu juga ketika surat sudah siap atau selesai di tandatangan, warga akan dapat notifikasi di android masing-masing untuk jemput suratnya. Akan lebih mudah jika suatu hari TTD Elektronik bisa di akses dan legal di Desa.
MENU WILAYAH ADMINISTRATIF
Menu ini dikembangkan untuk memudahkan perangkat Desa dalam menginputkan data wilayah administratif mulai dari Data Dusun, RT dan RW.
MENU PEGAWAI
Menu pegawai ini memudahkan perangkat desa dalam menginputkan data perangkat desa atau mengedit dataperangkat desa jika ada perubahan struktur dikemudian hari.
MENU WEBSITE
Menu Website dikembangkan untuk memudah kanperangkat desa dalam melakukan update informasi danberita yang ada di Desa. Dengan fitur ini, petugas desajuga bisa melengkapi berita dengan foto dan artikel yang menarik. Di menu ini, admin website bisa juga menambah lebihdari 1 foto untuk tampilan slider.
MENU PETA DESA (GIS)
Siapa bilang Desa tidak mampu mengelola Peta Desasecara digital? Kini Abdi Desa sediakan fitur khususyang bisa memudahkan Desa dalam menginputkaninformasi Peta Desa. Peta tanah, luas aset Desa,bangunan dan detail informasi Desa lainnya.Selain itu, informasi dari lahan yang dibangun petadigitalnya dapat dilengkapi dengan informasi cukupdengan bantuan web admin.
Ingin tampilan website desa interaktif seperti ini? Dengan abdi desa, ini bisa dibangun dengan mudah. Semua warga bisa akses di website publik jika data peta digitalnya sudah dibangun.
MENU COVID-19
Menu Covid-19 ini dikembangkan perangkat desa dalam melakukan pemantauan kasus Covid-19. Dibagian ini, ada 3 fitur yang dikembangkan yaitu, Pantau Pemudik untuk mendata setiap warga yang pulang ke kampung / Desa.Yang kedua, fitur E-Logbook untuk mencatat pengunjung (non-penduduk desa) yang sedang berkunjung ke Desa. Dan yang ketiga adalah fitur Aduan Warga yaitu fitur yang memudahkan warga dalam menyampaikan aduan atau laporan di Desa.
APLIKASI ANDROID
Aplikasi Mobile atauAndroid untuk Desa initerdiri dari beberapafungsi yang bertujuanuntuk mempermudahkanmasyarakat Desa dalammendapatkan pelayanandari Desa.
Aplikasi Android dikembangkan agar semua masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan di Desa.Termasuk dalam mendapatkan hak-hak dasar berupa pelayanan dan informasi dari Desa.
Fungsi aplikasidikembangkan sesuaidengan kebutuhan Desa.Beberapa Fitur akan dijelaskan dengan detail. Yuk, cari tahu tentangAplikasi Android AbdiDesa Digital. Desa dengan potensi SDM dan SDA yang melimpah. Layanan kepada masyarakat juga akan terus dimaksimalkan dengan sentuhan Inovasi.
MONITORING INFO COVID-19
Pantau Corona yang selalu update sekitar pukul 16.20. Informasi ini sudah otomatis diolah oleh Sistemsehingga bisa mengelompokkan pesebaran COVIDberdasarkan Provinsi di Indonesia. Di kemudian hari,aplikasi ini juga akan terus dikembangkan denganpenyesuaian trend informasi yang berkembang.Aplikasi akan menampilkannya dalam tampilan angkadan data.
E-LOGBOOK
E-Logbook memudahkan perangkat Desa dalam mendata pengunjung yang masuk ke Desa. Kondisi kehatan masyarakat pendatang bisa dicatat difitur ini untuk memudahkan Perangkat Desa dalam melakukan pemantauan. Fitur ini juga mendukung rencana pemerintah dalam menerapkan “New Normal” dimana standar keamanan dan kesehatan COVID-19 harus tetap berjalan. Keluar masuk pengunjung harus tetap dipantau.
Geographic Information System
Geographic Information System (GIS) salah satu fituryang dikembangkan untuk mempermudah Desa dalammembangun Peta dan Titik-titk Geospasial Desa.Seperti Batas tanah, Titik UMKM, Tempat Ibadah,Sekolah, Potensi Desa, Wisata, Bumdes dan lainsebagainya. Tampilan batas Desa juga akan tampil diwebsitenya lhoo.. Jadi sekarang Desa bisa bangun PetaGeospasial secara mandiri dan cukup dengan bantuanandroid.
Laporan dan bantu Desa
Bantu Desa menvalidasi data yang masuk ya. Foto danlakukan voting agar data yang masuk bisa valid. Orangyang berhak menerima bantuan juga bisa kita bantudengan menggunakan fitur lapor ini. Foto yang dikirim akan menjadi bahan pertimbangan yang baikbagi Desa. Fitur lapor ini menjadi salah satu komitmenDesa dalam membangun dan mendukung semangatmasyarakat yang partisipan.
BUAT SURAT ONLINE
Hanya perlu beberapa langkah singkat yang perludilakukan untuk melakukan layanan surat jarak jauh.Pilih Jenis surat di Android (setiap warga), Isi data danKirim hingga muncul tulisan “berhasil”. Jika sudah diapprove, warga bisa ambil surat dikantor Desa. Ataumungkin ingin dikembangkan dengan teknologi TandaTangan Elektronik di kemudian hari?
Jika surat sudah selesai, andaakan mendapatkan notifikasi dihandphone. Cek informasinyadengan tekan tombol loncengya…Daftar surat yangpernah dibuat akanmuncul dibagiannotifikasi ini. Tidakhanya History Surat,notifikasi lainnya yangdikirim secara otomatisoleh aplikasi atauinformasi tentang Desajuga akan sampai keandroid warga denganmudah. Tekan ajatombol lonceng untukcek detailinformasinya.
MEDIA SOSIAL DESA
Tak hanya updatestatus atau memberikanlaporan tentang Desalo, Labanan MakmurSmart Village jugasediakan aplikasi yangmemungkinkan wargauntuk update storysepertifacebook/Instagram.Seru kan? dan Sosialmedia yang dibangunhanya untuk lokalDesa. Mudah-mudahanbisa membangunkomunitas lokal desayang positif danbermanfaat
BERITA HARIAN
Warga dapat memanfaatkan aplikasi untuk mendapatkaninformasi harian loo… Selalu update secara otomatis setiap hari.Sudah seperti media elektonik khusus Desa. Kini paperless,karena berita bisa sampai ke android warga masing-masingdengan cepat dan mudah diakses.
LOGIN SEMUDAH WA
Perangkat Desa bisalogin ke Website Desadengan mudah.Semudah mengaksesWhatsapp Web. Cukupscan barcode di layarmaka Perangkat Desaakan masuk ke webadmin.
Dengan Sistem Informasi Desa Abdi Desa, pemerintah desa dapat memaksimalkan layanan dalam genggaman.
Leave a Reply